Langsung ke konten utama

ENTREPRENEUR BOOT CAMP 2017



Semangatt Pagi Kawan !!!!
      Di kesempatan yang luar biasa ini, saya ingin berbagi pengalaman mengikuti kegiatan entrepreneur boot camp 2017. Sebelum sharing perkenalkan saya Ni Made Rusmiani, biasa dipanggil Rusmi kelas XII TKJ, saya adalah perwakilan SMK Negeri Bali Mandara untuk menjadi peserta Kegitaan  Entrepreneur Boot Camp 2017.
         Kegiatan Entrepreneur Boot Camp Tahun 2017 merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Direktorat Pembinaan SMK untuk siswa SMK penerima beasiswa kewirausahaan tahun 2017, pemenang LKS 2017, finalis  FIKSI 2016, finalis LKS daring 2017, dan 20 orang peserta SMK dari Kab.Ubud yang masih aktif. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 26-30 November 2017 dengan metode boot camp yang menghadirkan narasumber dan praktisi. Kegiatan ini melibatkan fasilitator yang akan mendampingi seluruh kegitan peserta.
             Kegiatan entrepreneur boot camp ini dilaksanakan di Hotel Sens, Seres, Evitel dan Setia Darma House of Masks and Puppets yang berlokasi di daerah Kabupaten Gianyar, Bali.
Kegiatan ini dibagi menjadi 3 kegiatan utama:
1. Kegiatan pemberian materi ide bisnis, marketing dan keuangan dari narasumber yang telah diundang, sesi materi ini sangat bermanfaat bagi saya karena materi yang diberikan pastinya berguna untuk kedepannya ketika sudah mulai merintis usaha, .
2. Kegiatan mengenal kearifan lokal budaya Bali di Desa Mas, Bali, pada sesi ini seluruh peserta dan pendamping berkunjung ke kampung wisata di Desa Mas untuk mengetahui budaya lokal yang ada di Bali.
3. Kegiatan kunjungan usaha yang ada di sekitar Ubud, Bali bersama kelompok yang telah ditentukan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengetahui profil usaha yang dikunjungi, sehingga apabila ada hal-hal baru yang diketahui bisa diterapkan untuk bisnis yang akan dirintis kedepannya.
Berikut ini dokumentasi kegiatannya:
Penampilan Tari Sekar Jagat Sebagai Pembukaan Acara
Pembukaan Kegiatan Secara Resmi
Penampilan Paduan Suara dari SMK Kokar Bali
Sebagai Acara Penutup
Penampilan Tari Kebesaran Sebagai Acara 
Hiburan di Kegiatan Penutupan 
Sesi Materi Ide Bisnis dari Mbak Aulia
Sesi Materi Keuangan dari Pihak BNI Cabang Gianyar
Sesi Materi Ide Bisnis dari M.Asadd
                                            Sesi Materi Digital Marketing dari  Tokopedia
Latihan Membuat Business Model
 Canvas Bersama Kelompok
Membuat Visualisasi Business Model Canvas
Mengenal Kearifan Lokal dengan Belajar
 Melukis Topeng Bali
Mengenal Kearifan Lokal dengan Lomba 
Membuat Banten Pajegan
Penampilan Tari Joged dari Seka
 Truna-Truni Desa Mas
Kunjungan Bisnis ke Kusuma Dewi Laundry
Kunjungan Bisnis ke Kristina SPA

         Okk, itulah pengalaman yang saya bisa sharing ke teman-teman semua, saya sangat senang sekali bisa mengikuti kegiatan entrepreneur boot camp ini, dengan acara ini saya mendapatkan banyak pengalaman baik dari aspek materi bisnis, kunjungan bisnis, kerja kelompok dengan peserta lain dan banyak hal lain lagi yang nanti saya bisa gunakan untuk bekal menjadi seorang entrepreneur.. Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak SMK memiliki motivasi yang bisa menghasiljan entrepreneur muda yang berkarakter, dan memiliki wawasan dan keterampilan dalam membangun usaha. Jadi sekian sharing dari saya mohon maaf jika ada kesalahan yang sengaja dan tidak sengaja diperbuat.
SMK BISA!!!
SMK HEBAT!!!
ENTREPRENEUR, CERDAS BERKARAKTER!!!!

Komentar

Posting Komentar